Kamis, Mei 22, 2014

Beda PAUD dengan TK


Perbedaan PAUD dengan TK
Ya terlalu sering saya mendengar masyarakat yang mengatakan "enggak anak saya sekolahnya di TK bukan PAUD" atau "bagusan TK daripada PAUD" yang intinya membedakan antara PAUD dan TK. Banyak yang beranggapan bahwa PAUD biasanya tidak lebih bagus dari TK, bahkan saya juga sering mendengar bahwa PAUD itu biasanya untuk kalangan "bawah" karena biasanya PAUD tidak mengeluarkan biaya yang cukup mahal, sedangkan TK banyak para orang tua yang beranggapan bahwa "TK itu lebih bagus dari PAUD"


karena apa? ya lagi-lagi karena biaya pendidikan yang biasanya lebih mahal dan yang bersekolah pun adalah anak-anak yang berasal dari kalangan menengah keatas. Yang sempat saya agak heran, guru SMP saya yang memiliki TK berkata kepada saya bahwa "engga TK itu beda dari PAUD, TK itu biasanya lebih bagus dari PAUD" saya yang mendengar statement dari si bapak guru ini jelas saja menyangga, saya berkata "pak salah, TK itukan bagian dari PAUD. PAUD itu lingkup yang lebih luas sedangkan TK bagian kecilnya" si bapak hanya tertawa dan menawarkan saya untuk main-main ke TK (saya gak mengerti maksud dari bapak ini). Dari ilmu yang saya pelajari hampir 3 tahun di universitas negeri jakarta, ilmu yang saya dapat dari dosen-dosen yang mengatakan bahwa TK merupakan bagian dari PAUD. karena apa? karena PAUD adalah pendidikan bagi anak-anak usia 0-8 tahun. Dan PAUD pun terbagi menjadi beberapa kategori usia, diantaranya:
1. infant : usia 0-1 tahun
2. toddler: usia 1- 3 tahun
3. preschool atau kindergarten children atau TK: usia 3-6 tahun
4. primary school atau SD awal (kelas 1,2,3) : usia 6-8 tahun
Dari beberapa kategori usia tersebut, sudah terlihat jelas bukan bahwa TK merupakan bagian dari PAUD. Bukan merupakan suatu hal yang terpisah dan memiliki sesuatu yang "special".Saya disini hanya ingin membenarkan pendapat masyarakat indonesia yang saat ini benar-benar membedakan antara PAUD dan TK. Semoga penjelasan singkat ini dapat mengubah pandangan masyarakat indonesia selama ini.

sedikit tambahan (ditambahkan tanggal 30 april 2011)
Mungkin ini sedikit penambahan dari apa yang saya dapat lagi dari dosen saya, mungkin disinilah kenapa masyarakat indonesia menganggap TK itu lebih special dari PAUD. TK atau RA adalah lembaga pendidikan formal bagi anak usia dini, sedangkan PAUD dan satuan paud sejenis (Bina keluarga balita, Taman penitipan anak, dsb) adalah lembaga pendidikan non formal. Bagi saya TK ataupun PAUD adalah SAMA, toh gak selamanya kualitas TK lebih baik dari pada kualitas PAUD. sekian penambahan dan koreksi dari saya :)

0 komentar:

Contact Form

Name
Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

aditif domain hosting