Jumat, Juni 19, 2009

Siapa Bilang Conversation in English Itu Sulit?

Siapa Bilang Conversation in English Itu Sulit?
(Tulisan berseri)

Introduction

Dunia yang mengglobal membawa konsekwensi meluasnya pergaulan dan kontak bisnis melewati batas Negara. Untuk bisa kontak secara internasional tentu harus menggunakan bahasa Internasional. Silahkan pilih mau pakai Bahasa Latin, Perancis, atau yang sudah lama dipelajari, yaitu Bahasa Inggris. Sekedar info, di Negara-negara yang sudah maju, siswa/mahasiswa diharuskan menguasai dua bahasa asing, misalnya latin dengan arab, perancis dengan mandarin, dan seterusnya.

Nah bagaimana dengan kita. Susah ya …. Dua bahasa asing? …wong satu aja …alias ngurusi bahasa Inggris saja …yang nempel dari dulu ..Cuma I Love You (sorry, just kidding).

Belajar Bahasa Inggris tentu saja tidak gampang, terlebih masalah grammar. Biarlah masalah itu jadi tugas guru Bahasa Inggris. Tulisan ini hanya ingin mengajak Anda latihan bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris dengan penggunaan grammar secukupnya alias belajar cas cis cus dalam bahasa Inggris agar bisa survive atau sekedar pingin ngobrol sama bule (oh …ya, kalau ketemu orang barat jangan panggil mereka bule …mereka bisa marah, karena bule terdengarnya bulei. Dalam kamus bulei artinya albino. Nah, karena mereka kulit putih dan bukan albino, biasanya mereka tidak terima atau merasa tidak nyaman).

Sulitkah making conversation in English? Tergantung bagaimana Anda memandangnya. Kalau Anda bilang sulit …pasti sulit, bilang gampang …insya Allah gampang.
Menurut saya sih tidak terlalu sulit …tinggal mau atau tidak …….ha-ha-ha.


Sebelum lebih jauh bicara tentang bahasa Inggris, saya ingin mengajak Anda merenung sedikit tentang bahasa Indonesia. Tentunya setiap orang di Indonesia pernah ikut ulangan atau ujian bahasa Indonesia. Berapa nilai yang Anda dapat? Tentu saja beragam, mungkin ada yang dapat nilai 4, 5, 6, 7, 8, atau 9. Kalau nilai bahasa Indonesia kita jelek, apakah kita akan berhenti berbicara dalam bahasa Indonesia? Jawabannya tentu saja Tidak. Disamping itu bahasa nasional, kita juga tahu menggunakan bahasa lisan tidak harus sama dengan bahasa tulisan. Nah, demikian juga dengan bahasa Inggris, walaupun nilai kita enggak bagus (apalagi kalau kebetulan bagus) mengapa kita tidak berani bicara dalam bahasa inggris. So, lets talk in English …everyday jika perlu.

Beberapa hal yang biasanya jadi kendala dalam belajar conversation in English, diantaranya:
1. Terlalu banyak menghapal tenses …bayangkan di sekolah minimal ada 16 tenses yang harus dihafal, sehingga ketika akan bicara bingung mana yang harus dipilih.
2. Kurang percaya diri, alias takut ditertawakan teman atau guru kalau kita bicara bahasa Inggris …khawatir bahasa Inggris kita belepotan.
3. Karena takut salah, kemudian memilih diam seribu bahasa.
4. Susah cari teman untuk latihan berbahasa Inggris.
5. Malas berlatih
6. Malas membaca buku
7. Sulit membedakan kalimat aktif dengan kalimat pasif
8. Sulit membedakan kalimat verbal dengan kalimat nominal

Untuk mengatasi kendala di atas, bisa Anda lakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Anda cukup menguasai: present continuous, present simple, going to, will, past simple, present perfect.
2. Belajar pede. Kalau teman atau guru Anda tersenyum dan bahkan tertawa karena bahasa Inggris Anda kurang bagus …cuek saja …anggap itu sebagai jamu untuk kelancaran bahasa inggris Anda.
3. Jangan takut salah, karena kalau takut salah ..kapan kita akan tahu yang benar?
4. Bergaul dengan banyak orang …kalau perlu kenalan di internet kemudian saling berkirim e-mail.
5. Hapus kata malas di kamus hidup Anda. Banyak cara untuk berlatih bahasa Inggris, misalnya kalau nonton film barat di TV, coba perhatikan sub title (terjemahannya) yang ada dibawahnya.
6. Kalau malas membaca buku … ya sudah baca saja Koran …atau majalah anak-anak …biasanya ada pelajaran bahasa Inggris sederhana di situ.
7. Contoh: Kalimat aktif: Anda makan donat, kalimat pasif: Donat dimakan Anda.
8. Contoh: Kalimat verbal: Anda makan, kalimat nominal: Anda hadir.

Sementara segini saja dulu ya. Coba praktikkan!. Kalau Anda rajin berlatih, kurang lebih 3 bulan akan nampak kemajuan dalam bahasa Inggris Anda. Kalau belum? Ya berlatih lagi, karena kalau setiap orang setelah membaca tulisan sederhana ini, kemudian mempraktikkannya ….dan langsung …pinter …waduh bisa-bisa tempat kursus bahasa Inggris tutup semua dong …ha-ha-ha.

0 komentar:

Contact Form

Name
Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

aditif domain hosting